Ketika Salah Jurusan Menjadi Sangat Berwarna

by - 21.35



Dari judul mungkin kalian sudah bisa tebak apa isi tulisan gue ini. Ya begitu deh, tulisan ini antara curhatan dan keluhan, mungkin juga ucapan rasa syukur, mungkin loh ya hahaha

Udah sekitar 2 tahun gue jalanin kehidupan kuliah gue, dan sebenernya jurusan kuliah gue saat ini bukan jurusan yang gue idam-idamkan, bukan passion gue, bukan minat gue. terus kenapa gue malah masuk ke jurusan ini? gue juga lupa sih kenapa, ada deh pokoknya.

2 tahun menahan keinginan belajar di bidang yang gue inginkan itu menjadi waktu yang lama, impian gue sejak kecil itu jadi seniman, lebih tepatnya pelukis. Gue suka banget gambar, akhirnya di tingkat menengah gue mengambil jurusan Desain Grafis. Jurusan yang bagi gue bener-bener “gue banget”
Gue gak pernah merasa terbebani sama tugas, gue merasa saat itu gue gak sekolah, karena setiap hari yang gue pelajarin hal yang gue suka, gue ngerasa kalo gue tuh lagi bermain sama hobi gue, sungguh bahagia.

Terus sekarang? gue mahasiswa Jurnalistik, gue juga ikut Club Jurnalistik di kampus, gue mulai jauh dari kebiasaan gue memadukan garis dan warna, gue jauh dari lingkungan yang setiap hari ngomongin warna, gambar, garis, dan semacamnya.
Gue bener-bener ada di dunia baru, tapi apa kalian tahu? Passion gue tetep membawa warna di dunia baru gue ini, gue tetep bisa tekun sama passion gue, di waktu senggang gue tetep gambar, di organisasi kampus gue selalu jadi desainer, sampai gue dapat beberapa job pun karena passion gue ini.

Sejujurnya gue selalu iri liat temen gue yang masuk jurusan seni, gue gereget pengen ikutan ngerjain tugas mereka, gereget liat tugas akhir mereka yang menurut gue asik banget. Bohong kalau gue ngerasa gak nyesel ada di jurusan ini, gue sering merasa nyesel juga sih.
Tapi setelah gue pikir-pikir, selama ini gue gak pernah nunjukin rasa stres gue, banyak juga orang yang bilang gue cocok jadi anak jurnalis, sampai dosen filsafat gue bilang gue cocok ambil jurnalistik padahal ya gak cocok juga sih. Tapi, Gue tetep nikmatin masa kuliah gue, karena apa? Karena gue dikelilingi lingkungan yang menyenangkan, gue punya teman yang juga masih satu hobi sama gue, organisasi yang gue ikutin terkadang bikin gue lupa kalo gue salah jurusan. Gue sadar, kuliah gak melulu hal yang ada didalam kelas, gak melulu soal nilai dan mata kuliah, justru gue merasa gara-gara gue salah jurusan, gue jadi orang yang sering dicari karena keahlian gue HAHAHA

Gue juga ngerasa bahagia banget ketika dapet tugas yang tugasnya nyerempet sama desain atau gambar, gue jadi lebih menghargai passion gue, gue jadi lebih fokus dan ingin lebih fokus lagi sama minat dan bakat gue, ilmu yang gue punya pun gak monoton, beragam dan berwarna. Gue mulai ikhlas sama jurusan gue.
Jadi, buat yang sekiranya juga salah jurusan, cari hal yang menyenangkan di lingkungan kalian saat ini, gak mungkin gak ada yang menyenangkan, dan daripada waktu kalian abis buat ngedumel soal jurusan kuliah kalian yang gak sesuai diri kalian kenapa gak perdalam hobi kalian? Produktif dalam hal yang kalian suka juga bisa jadi cara untuk sedikit menghilangkan rasa kesel kalian. Satu hal, meskipun kalian merasa salah jurusan tapi gak ada ilmu yang sia-sia.




You May Also Like

3 comments