Personal Note 2 : Karakter Suatu Karya

by - 06.59


Illustrated by Sasa

Aku selalu kagum dengan illustrator yang karyanya memiliki ciri khas, bahkan sering bertanya-tanya, berapa lama waktu yang mereka butuhkan dan seberapa panjang perjalanan serta lika-liku yang mereka lalui hingga akhirnya mereka menemukan karakter untuk karyanya. seperti karya ilustrasi Lala Bohang, Naela Ali, dan Dinda Puspitasari yang memiliki karakter kuat. suatu ketika saya melihat ilustrasi pada majalah, dan langsung saya tahu kalau itu adalah karya kak Dinda.

Naela Ali dengan gambar watercolor-nya dan identik dengan jepang, sangat menginspirasi.
Dinda Puspitasari dengan fashion illustration-nya yang penggunaan warna-nya berani, Dinda pandai memainkan warna, bahkan warna yang terlihat bertabrakan dan cerah terang pun tetap enak dilihat berkat tangan ajaib-nya.
Lalu, Lala Bohang yang tentunya memiliki makna dalam pada setiap gambarnya, pengunaan warna yang biasa digunakan Lala adalah hitam, abu, dan putih (sebagai latar gambar)

Untuk menemukan karakter dalam gambar tentu kita harus banyak bereksperimen terutama pada bentuk dan penggunaan warna. aku bahkan sampai saat ini belum menemukan karakter dalam gambar yang aku buat. ya, butuh perjalanan panjang pastinya.

Illustrated by Sasa
Tapi terlepas dari lika-liku karakter suatu karya, aku sangat menikmati prosesnya. aku suka memadu-padankan warna yang akan aku gunakan, aku suka menuangkan perasaan dan pikiranku ke dalam gambar. dalam prosesnya aku selalu menggunakan hati.
tentunya aku tidak akan menggambar jika mood-ku sedang tidak enak, karena aku percaya perasaan seseorang dapat tertuang dengan sendirinya pada apa yang dibuat, hasilnya pasti tidak akan maksimal, sedangkan aku selalu ingin gambar-ku memancarkan kebahagiaan dan ketenangan. aku ingin orang bahagia dan tenang ketika melihat gambarku.

You May Also Like

0 comments